SMK N 1 Magelang
Sekolah Menengah Kejuruan
SMK N 1 MAGELANG

Jl. Cawang No:2 Jurangombo, Magelang Selatan, Kota Magelang
Telp. (0293) 365543-362172 Kode Pos. 56123

CS : 0293-365543
Welcome to Offical Website SMK N 1 Magelang
SMK N 1 Magelang
Kartini
Administrator Selasa, 24 April 2018 Dibaca 308 kali Berita

 

Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata Aku tiada dapat! melenyapkan rasa berani. Kalimat 'Aku mau!' membuat kita mudah mendaki puncak gunung.

RA Kartini

 

Tokoh wanita satu ini sangat terkenal di Indonesia. Dialah Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau dikenal sebagai R.A Kartini, beliau dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup.

R.A Kartini, beliau lahir pada tanggal 21 April tahun 1879 di Kota Jepara, Hari kelahirannya itu kemudian diperingati sebagai Hari Kartini untuk menghormati jasa RA Kartini pada bangsa Indonesia. Nama lengkap Kartini adalah Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat.

Mengenai sejarah RA Kartini dan kisah hidup Kartini, ia lahir di tengah-tengah keluarga bangsawan oleh sebab itu ia memperoleh gelar R.A (Raden Ajeng) di depan namanya, gelar itu sendiri (Raden Ajeng) dipergunakan oleh Kartini sebelum ia menikah, jika sudah menikah maka gelar kebangsawanan yang dipergunakan adalah R.A (Raden Ayu) menurut tradisi Jawa.

Ayahnya bernama R.M. Sosroningrat, putra dari Pangeran Ario Tjondronegoro IV, seorang bangsawan yang menjabat sebagai bupati jepara, beliau ini merupakan kakek dari R.A Kartini. Ayahnya R.M. Sosroningrat merupakan orang yang terpandang sebab posisinya kala itu sebagai bupati Jepara kala Kartini dilahirkan.

Ibu kartini yang bernama M.A. Ngasirah, beliau ini merupakan anak seorang kiai atau guru agama di Telukawur, Kota Jepara. Menurut sejarah, Kartini merupakan keturunan dari Sri Sultan Hamengkubuwono VI, bahkan ada yang mengatakan bahwa garis keturunan ayahnya berasal dari kerajaan Majapahit.

Ibu R.A Kartini yaitu M.A. Ngasirah sendiri bukan keturunan bangsawan, melainkan hanya rakyat biasa saja, oleh karena itu peraturan kolonial Belanda ketika itu mengharuskan seorang Bupati harus menikah dengan bangsawan juga, hingga akhirnya ayah Kartini kemudian mempersunting seorang wanita bernama Raden Adjeng Woerjan yang merupakan seorang bangsawan keturunan langsung dari Raja Madura ketika itu.

Meskipun berada di rumah, R.A Kartini aktif dalam melakukan korespondensi atau surat-menyurat dengan temannya yang berada di Belanda sebab beliau juga fasih dalam berbahasa Belanda. Dari sinilah kemudian, Kartini mulai tertarik dengan pola pikir perempuan Eropa yang ia baca dari surat kabar, majalah serta buku-buku yang ia baca.

Hingga kemudian ia mulai berpikir untuk berusaha memajukan perempuan pribumi sebab dalam pikirannya kedudukan wanita pribumi masih tertinggal jauh atau memiliki status sosial yang cukup rendah kala itu.

R.A Kartini banyak membaca surat kabar atau majalah-majalah kebudayaan eropa yang menjadi langganannya yang berbahasa belanda, di usiannya yang ke 20, ia bahkan banyak membaca buku-buku karya Louis Coperus yang berjudul De Stille Kraacht, karya Van Eeden, Augusta de Witt serta berbagai roman-roman beraliran feminis yang kesemuanya berbahasa belanda, selain itu ia juga membaca buku karya Multatuli yang berjudul Max Havelaar dan Surat-Surat Cinta.

Tag Data :

Berita Terkait Lainnya RSS Feed Posts
Lomba Sekolah Hemat Energi dan Air Jawa Tengah
Lomba Sekolah Hemat Energi dan Air Jawa Tengah

SMK Negeri 1 Magelang mendapat kesempatan dihadiri oleh tim Visitasi Penilaian Sekolah Hemat Energi dan Air Jawa Tengah, acara berlangsung di Reptaloka SMK Negeri 1 Magelang dilanjutkan berkeliling di

MOU Kelas Industri SMK Negeri 1 Magelang dengan PT BUMA
MOU Kelas Industri SMK Negeri 1 Magelang dengan PT BUMA

MOU SMK Negeri 1 Magelang dengan PT BUMA (Perusahaan Bidang pertambangan Batu Bara) untuk membentuk kelas industri untuk menyiapkan tamatan SMK Negeri 1 Magelang memasuki dunia kerja dan industri. de

Berikut, 4 Strategi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Berikut, 4 Strategi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Penyebaran pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia membuat banyak sekolah menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Sebagai gantinya, pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh ata

PENGUMUMAN :

  INFORMASI LOWONGAN KERJA BKK SMK NEGERI 1 MAGELANG   SILAHKAN DATANG KE GEDUNG TECHNOPARK SMK NEGERI 1 MAGELANG DAN BERGABUNG BERSAMA GRUP BKK UNTUK MENGETAHUI INFORMAS

Info Selengkapnya