SMK N 1 Magelang
Sekolah Menengah Kejuruan
SMK N 1 MAGELANG

Jl. Cawang No:2 Jurangombo, Magelang Selatan, Kota Magelang
Telp. (0293) 365543-362172 Kode Pos. 56123

CS : 0293-365543
Welcome to Offical Website SMK N 1 Magelang
SMK N 1 Magelang
Berikut, 4 Strategi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Administrator Jum'at, 15 Mei 2020 Dibaca 24615 kali Berita

Penyebaran pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia membuat banyak sekolah menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Sebagai gantinya, pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh atau remote learning. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim juga berupaya membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan daring (dalam jaringan).

Penerapan pembelajaran daring ini menuntut kesiapan bagi kedua belah pihak, baik itu dari penyedia layanan pendidikan atau dari peserta didik sendiri. Bagaimanapun juga, pembelajaran secara daring dan jarak jauh membutuhkan bantuan teknologi yang mumpuni dan dapat diakses dengan mudah.

Selain itu, para murid juga mesti siap beradaptasi dengan perubahan pembelajaran yang diatur oleh sekolah. Remote learning dapat dipandang lebih bebas dan fleksibel diakses dari rumah. Kemudian, bagaimana strategi agar pembelajaran daring dan jarak jauh dapat dilakukan dengan efektif? Coba simak uraian di bawah ini.

  1. Tetapkan manajemen waktu

Atur waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang dibebankan guru atau dosen. Hal ini lebih mudah dijalani jika pihak sekolah atau universitas memberikan batasan jadwal akses daring kepada murid-muridnya. Hal ini akan berbeda jika penyedia layanan pendidikan memberikan fleksibilitas penuh kepada pelajar. Para siswa mesti mengatur sendiri jadwal belajar mereka.

Bagi orang-orang yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya akan mengerjakan tugas-tugas sekolah di menit-menit terakhir tenggat waktu yang ditetapkan. Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas di awal waktu adalah keterampilan yang mesti ditanamkan kepada siswa yang melakukan remote learning.

  1. Persiapkan teknologi yang dibutuhkan

Para murid harus mengetahui peralatan-peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Tidak semua sekolah sudah menyediakan layanan belajar daring yang memadai, oleh karenanya beberapa platform belajar daring dapat menjadi alternatif. Demikian juga perkakas teknologi seperti komputer, gawai pintar, atau tablet menjadi penting, dan terutama juga jaringan internet yang laik.

  1. Belajarlah dengan serius
 

Kesalahan yang sering dilakukan siswa, sebagaimana dilansir dari Psychology Today adalah tidak fokus ketika melakukan remote learning. Selama melakukan pembelajaran di internet, terdapat banyak sekali distraksi yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, hingga membaca-baca konten berita secara impulsif seringkali dilakukan tanpa rencana sebelumnya.

Oleh sebab itu, penting bagi siswa untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan. Hindari segala macam distraksi yang berpotensi mengganggu proses belajar. Jika memungkinkan, tetapkan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga yang lain.

  1. Jaga komunikasi dengan pengajar dan teman kelas

Bagi yang belum terbiasa melakukan remote learning, ia harus menyesuaikan diri untuk terus visible dan berkomunikasi tanggap dengan pengajar atau teman kelas lain. Jika dibutuhkan, perlu juga diadakan grup khusus untuk membahas tugas yang dibebankan pengajar. Kendati tidak harus dilakukan dengan tatap muka, komunikasi mesti terjalin dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman.

Gunakan momen-momen semacam ini untuk mengasah keterampilan komunikasi daring yang dilakukan. Jika memang belum yakin dengan hasil tugas yang dikerjakan, segera hubungi pengajar. Lakukan sesegera mungkin untuk menunjukkan komitmen bahwa kita serius untuk belajar.

Kendati banyak siswa merasa kesulitan melakukan remote learning, jika sudah terbiasa, hal ini malah memberi kebebasan dan fleksibilitas tersendiri, yang tidak ditemui pada kegiatan belajar mengajar di ruang kelas. Di tengah penyebaran wabah Covid-19, pembelajaran daring semacam ini justru dapat menjadi alternatif jitu sebagai ganti pertemuan kelas atau pembelajaran tatap muka. (*)

 

Subchan, S.Kom, M.Si
Guru TIK/TKJ - Waka SDM dan Sarpras
SMKN 1 Kota Magelang, Jawa Tengah

Tag Data :

Berita Terkait Lainnya RSS Feed Posts
Belajar Jangan Hanya Kejar Nilai, tapi Juga Kontribusi
Belajar Jangan Hanya Kejar Nilai, tapi Juga Kontribusi

Tujuan menuntut ilmu pada hakikatnya adalah untuk menjadi manusia berilmu. Karena itu, dalam kegiatan belajar, siswa jangan hanya mengejar pencapaian nilai baik, tapi juga bisa menjadi bagian yang ber

MOU Kelas Industri SMK Negeri 1 Magelang dengan PT BUMA
MOU Kelas Industri SMK Negeri 1 Magelang dengan PT BUMA

MOU SMK Negeri 1 Magelang dengan PT BUMA (Perusahaan Bidang pertambangan Batu Bara) untuk membentuk kelas industri untuk menyiapkan tamatan SMK Negeri 1 Magelang memasuki dunia kerja dan industri. de

MOBIL PRAKTIK DARI KEMENDIKBUD
MOBIL PRAKTIK DARI KEMENDIKBUD

MOBIL PRAKTIK DARI KEMENDIKBUD Magelang, Senin(19/12/2016) – Sebuah penghargaan yang cukup membanggakan bagi Salah satu Sekolah Kejuruan Negeri di Kota Magelang (SMK N 1 Magelang). Dua unit mobil, y

PENGUMUMAN :

ENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB TAHUN 2021 MOHON PAHAMI PENGUMUMAN DAN INSTRUKSI DAFTAR ULANG Pengumuman Siswa Siswi Yang Diterima di SMK Negeri 1 Magelang Klik Link Berikut

Info Selengkapnya